Translate

mitos dan fakta seputar kopi


Mitos dan Fakta Seputar Kopi

Mitos: Kopi lebih baik disajikan dalam keadaan panas
Faktanya: Kopi sebaiknya jangan langsung disiram dengan air mendidih. jika air terlalu panas bubuk kopi justru akan hangus dan akhirnya mempengaruhi rasa dan aroma. untuk mendapatkan minuman kopi yang enak, diperlukan suhu air sekitar 90C.

Mitos: Kopi lebih enak disajikan dingin
Faktanya: berhati-hatilah walau belakangan ini marak sajian ice coffee menurut penelitian medis, mengonsumsi kopi dengan suhu dibawah 20C  dapat meningkatkan gas di dalam perut, dan akhirnya menjadi kembung bahkan bisa juga mempermudah timbulnya penyakit maag.


Mitos: Kopi luwak rasanya lebih enak
Di dunia dipercaya kalau biji kopi nomer satu adalah kopi luwak
Faktanya: pendapat tersebut adalah salah. Biji kopi yang keluar bersama kotoran luwak justru sangat berbahaya karena sudah bercampur dengan bakteri. Namun jika anda menemukan kotoran luwak yang dipenuhi biji kopi, maka bisa dijadikan tanda bahwa tanaman kopi di kawasan tersebut mempunyai kualitas baik. sama halnya di jepang yang memanfaatkan burung pemakan biji kopi sebagai tanda untuk menentukan pohon kopi berkualitas prima.

Mitos: Kopi dapat mencegah serangan step
Menurut Dr. Victor Tambunan, bisa jadi anggapan itu benar. menurutnya, unsur kafein dalam kopi mengandung efek relaksasi sehingga bisa digunakan untuk melemaskan otot-otot yang kejang. Meski demikian Victor menyanggah anggapan dengan mengonsumsi kopi secara teratur dapat meningkatkan kemampuan berpikir seseorang. Terlalu banyak minum kopi justru bisa menekan daya ingat,karena membuat orang selalu terjaga sehingga otak akan terasa lelah.

Mitos: Kopi bisa mengurangi rasa kantuk
Pendapat ini tidak seluruhnya benar. Jika otak benar-benar sudah terkuras dan kemudian dipaksakan dengan minum kopi, tetap tidak akan banyak membantu. namun, dalam kondisi normal, efek kopi untuk menahan kantuk bisa saja terjadi meski hanya 2-3 jam saja.

Mitos: Kopi menghilangkan bau
Hal ini mungkin benar, bubuk kopi bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bau amis ikan, bau tak sedap di sepatu. bisa juga untuk menyingkirkan semut dan menghilangkan bau pernis furnitur yang baru dibeli

Mitos: Menyebabkan Hidrasi
mitos mengatakan minuman berkafein bisa menyebabkan diuretik atau retensi urine.
Namun penelitian membuktikan orang yang mengonsumsi sampai dengan 550mg kafein, tidak mengalami retensi urine lebih banyak daripada ketik mengonsumsi minuman bebas kafein. retensi urine terjadi ketika konsumsi kafein mencapai diatas 575 mg

Mitos: Kopi menyebabkan penyakit jantung
Menurut para ahli kardiologi dari University of California, san fransisco, hanya sedikit bukti yang menunjukkan konsumsi kopi dan atau kafein dalam dosis biasa mampu meningkatkan resiko serangan jantung,kematian akibat serangan jantung, atau ritme jantung yang abnormal. Bahkan, penelitian atas 27ribu wanita yang mengonsumsi 1-3 cangkir kopi/hari selama 15 tahun di Iowa Women's Health Study mengalami penurunan risiko penyakir kardiovaskular sebesar  24%

Mitos: Kopi Menyebabkan hipertensu
Dalam penelitian atas 155 ribu wanita yang biasa mengonsumsi kopi selama 10 tahun tidak menunjukkan perkembangan hipertensi terhadap mereka yang bukan peminum kopi. Peningkatan resiko hipertensi malah ditemukan pada peminum kola.

Kopi menyebabkan kanker
dalam sebuah ulasan dari 66 penelitian di tahun 2007 , para ilmuwan mentayakan bahwa kecil sekali pengaruh konsumsi kopi tergadap resiko berkembangnya kanker pankreas atau ginjal. Sedangkan menurut penelitian dari Harvard university tahun 1981 ternyata bukan kopi penyebab meningkatnya resiko kanker as, melainkan karena kebiasaan merokok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar