Translate

kafein

KAFEIN

senyawa kimia

Kopi mengandung sejenis senyawa kimia turunan xantin, yang kita kenal dengan nama kafein. merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-15%, kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosine dalam sel saraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.


pengaruh kafein

Kafein dapat menimbulkan rangsangan terhadap susunan saraf pusat (otak) sistem pernafasan, serta sistem pembuluh darah dan jantung. umumnya setelah minum 1-3 cangkir kopi tubuh akan terasa segar,bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah ataupun mengantuk. namun dampak positif tersebut hanya berlaku untuk orang yang belajar ilmu sosial atau ilmu hafal, tidak berlaku untuk orang yang di dalam pekerjaanya membutuhkan ketelitian, kerapihan, dan ketepatan menghitung

dalam dunia kedokteran kafein seringkali dugunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urine. dalam dosis rendah kafein dapat berfungsi sebagai pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.

cara kerja kafein

efek rasa segar dalam tubuh timbul saat kafein membalikkan kerja adenosine (salah satu senyawa dalam sel otak yang bisa membuat orang cepat tertidur) sehingga tubuh tidak lagi mengantuk tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik otot-otot berkontraksi, dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra. itulah sebabnya berbagai minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai minuman utamanya.

kandugan kafein dalam makanan dan minuman

  • satu cangkir kopi rata-rata mengandung 100-150 miligram kafein
  • satu demitasse (cangkir mini untuk espresso) rata-rata mengandung 80-120 miligram kafein
  • satu cangkir teh rata-rata mengandung 40 miligram kafein
  • satu batang coklat ukuran sedang rata-rata mengandung 20-60 miligram kafein
  • satu botol minuman kola berukuran 340 ml mengandung 40-60 miligram kafein, atau kira-kira separuh kandungan kafein dalam secangkir 
kadar kafein pada makanan
kadar kafein pada makanan

kafein dalam coklat
kafein dalam kopi dan cokelat
jadi, dalam jumlah wajar kafein dapat membantu pikiran, pekerjaan dan pergaulan, tapi akan berubah jadi racun bila dikonsumsi secara berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar