Translate

legenda kopi


kopi

berasal dari bahasa arab ,qahwah, yang berarti kekuatan atau juga berakar dari bahasa Turki, kahveh, lalu menjadi coffee dalam bahasa Inggris. dan diserap ke dalam bahasa indonesia menjadi kopi.

legenda kopi

konon, kopi ditemukan oleh seorang penggembala kambing bernama Kaldi. Ia melihat kambingnya selalu riang gembira setelah menggigit biji dan daun dari suatu tanaman yang berwarna hijau. karena penasaran, ia memakan biji tanaman tersebut dan merasakan efek semangat serta gembira. penemuan ini pun menyebar dari mulut ke mulut dan jadilah legenda kopi



perkebunan kopi

di indonesia pertama kali didirikan  oleh bangsa belanda pada tahun 1699. di jawa kopi mula-mula ditanam di sekitar Jayakarta lalu meluas ke jawa barat, jawa timur lalu ke luar jawa. dan jawa punn menjadi pengekspor kopi terbaik dunia dulu kala,dan menjadi legenda kopi. namun malangnya, terjadi wabah di tahun 1880-an yang memusnahkan kopi arabika yang ditanam dibawah ketinggian 1km dpl dari sri lanka hingga timor, dan kemudian varietas kopi di sebagian besar jawa diganti dengan liberika. tapi tak lama wabah memusnahkan varietas ini uga hingga 90% kopi di jawa diganti dengan robusta, kecuali di tempat yang betul-betul tinggi.

nasionalisasi

setelah penjajah meninggalkan indonesia, kebun-kebun kopi dinasionalisasi oleh PTPN XII yang kini mengelola kopi. perusahaan swasta ini mengelola beberapa perkebunan di pegunungan Ijen (Jawa Timur) hingga kini. kebun-kebun kopi di tanah air terletak di Blawan (2500 Ha), Jampit(1500 Ha), Pancoet(400 Ha), dan Kayumas(400 Ha) dengan ketinggian antara 900-1600 m dpl.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar